20 Mei 2009

Agenda berbagi hari ini, sudahkah ?

Haaii semua, apa kabar hari ini ?

Pagi-pagi aku mau sharing sedikit yaa..
Kebetulan beberapa hari ini ada 2-3 anak pemulung yang rutin cari barang bekas di sekitar rumahku. Usianya sekitar 6-9 tahu, usia sekolah.. mereka biasanya lewat pada jam-jam sekolah antara jam 10-11 siang.
Kesanku.. jelas aja mereka nggak sekolah.. ;-(

Awalnya mereka hanya lewat, kemudian lama-lama ketok-ketok pagar, lalu.. "mbak, minta minumnya.." pada asisten RTku..
lama-lama karena kadang ada sedikit uang receh di atas kulkas (kembalian belanja harian), mbakku suka juga memberi mereka 1-2 keping logam 500 rupiah..
Tapi akhir-akhir ini aku nggak sengaja dengar mbakku ngedumel..
" Tiap hari kok mampir.. minta uang receh pula.. jadi kebiasaan.. "
lalu si mbak berlalu ke pagar memberikan uang receh tersebut pada anak-anak tadi.
dan memang.. aku perhatikan kok ya.. hihi.. jadi tiap hari tuh, rutin ! ;D

naahh..
ini yang menarik..
secara uang receh itu, tiap hari kok ya Alhamdulillah ada di atas kulkas..
kadang, 1000 rupiah, kadang 2000 rupiah.. walaupun biasanya hanya terdiri dari logam 500 rupiah atau 100 rupiah..
Lalu.. kadang, uang-uang receh itu juga numpuk di sana.. baru berguna ketika ada pengamen datang.. atau ada pengemis datang..
Sehari, dua hari.. uang receh tersebut sedikit demi sedikit menumpuk.. bertambah.. sehingga akhirnya jika bebenah, beres-beres... jadinya anak-anakku yang girang..
" bu.. ini buat celenganku yaa.. "
dan ketika diteliti..
Subhanallah banyak yaa.. totalnya bisa 10.000 rupiah masuk celengan !

naah.. aku jadi berpikir..
setiap hari.. aktivitas kita.. kerja/kuliah/ngajar/jalan2/window shopping/rekreasi..
Berapa banyak yang kita bisa habiskan untuk sekedar makan, jajan, bela beli pernak pernik kecil, iseng2 kongkow yang akhirnya hmm.. banyak juga ya habisnya ;-)
belum lagi kalau tanggal muda awal bulan.. wah.. penuh rencana kita untuk belanja bulanan, beli ini itu.. yang menurut kita.. 'bulan lalu nggak kebeli'..
Daku sih percaya, kita semua nggak lupa akan agenda zakat sodaqoh berinfak..
Tapi bila setiap hari kita masukkan dalam jadwal harian, terus terang.. baru terpikirkan olehku..

So,, yuuk kita jadikan agenda hari ini..
Setiap hari berbagi walaupun hanya uang recehan 100-500 rupiah..
Bukankah sudah janjiNYA melipatgandakan setiap rupiah yang kita keluarkan untuk bersedekah..
Tergantung.. investasi kita mau masuk grade yang mana ?
maka.. benefitnya pun InsyaAllah sebanding.. sambil.. ehm.. belajar mengasah keikhlasan kita ceritanya.. ;-)

Hehehe.. sharing kayak gini bukannya daku sudah toppp markotoppp..
ini malah upaya mengingatkan diri sendiri kok..
kalo tiap hari bisa jajan bakso, tiap hari bisa ngopi di Starbucks, lunch di resto fastfood sampai puluhan ribu rupiah..
jangan lupa yuuk, agenda untuk berbagi hari ini masuk dalam jadwal harian kita !

Walo hanya mulai dari 100-500 rupiah sehari ! dari uang receh sisa belanja di rumah..
Jamin deeh.. kita nggak bakal kerepotan, yang ada mungkin ALLOH SWT mungkin malahan berkenan menjadikan kita semakin kaya raya !
Aameen 3x..
Jadi.. mulai besok nggak usah nunggu pengemis dateng ya mei !
.. ayo.. ayo action ! ;-)

Have a nice wiken buat semua!

Salam Sukses & Mulia

Monggo add aku yaa !
YM id : meithreea
Face Book : meitria cahyani