07 November 2008

Zumi.. zumi.. zumi..


Beberapa hari ini kami serumah terbiasa mendengar Razna berdendang sendirian.. bernyanyi-nyanyi.. sambil main, sambil jalan, sambil nonton tivi, juga ketika sedang asyik sendirian dengan suatu aktifitas yang jadi konsentrasinya..

"Zumi.. zumi.. zumi..
"Air.. air.. air.. "

Lucuu deeh.. ! Lagu sederhana itu dinyanyikannya dengan berbagai ekspresi.. apakah dia sedang serius, jenaka, bisa juga.. saat kelihatan agak bete, teteub.. bersenandung.. !
Razna cinta banget kali ya dengan lagu barunya.. ;p

"Lagu apa tuh buu.. ?"
Rayhanat & Rania bersamaan menengok pada saya dengan mata bertanya-tanya.
Kebetulan, tiap awal bulan, di PAUD Al Irsyaad, ( sekolah Razna ) , orang tua mendapat undangan untuk meeting ke sekolah. Tujuannya untuk sosialisasi program sekolah dan diskusi tentang tema yang akan diberikan pada siswa dalam bentuk kegiatan bermain sambil belajar. Di pertemuan tersebut dibahas segala sesuatunya, materi, kegiatan penunjang, sampai kegiatan puncak tema.
Tak lupa diajarkan lagu-lagu sederhana yang menunjang tema pembelajaran bulan tersebut.
Bulan ini, November 2008, temanya : Pergi Haji ke Baitullah. Lagu-lagunya pun berhubungan dengan urusan/kisah seputar ibadah haji.
Salah satunya termasuk si Zumi itu.. ;p

"Itu lagu tentang air zam-zam, " jawab saya.
wah, ternyata anak-anak makin tertarik.. : "Gimana ? Ibu bisa ?"
Ehm.. ibu Mei mau nggak mau siap menyanyi, tarik nafas panjang.. action ! ;p

Zumi.. zumi.. zumi..
Kumpul.. kumpul.. kumpul..
Air.. air.. air..
Di kaki Ismail..
Siti Hajar ibunya..
Ibrahim ayahnya..
Berlari tujuh kali..
Shafa dan Marwa..
Zumi.. zumi.. zumi..
zumi..zumi.. zumi..
Air.. air.. air..
Air.. air.. air..

Hehehe....
Gmana ? Bagus kan suara saya ? ^narsis mode on^.. ;p
Yang jelas anak-anakku suka !
Razna juga senang, matanya ikut berbinar-binar dan surprise kelihatannya ketika.. "Wah, ibu kok bisaa.. ?"

Disisi lain saya jadi merenung..
Coba deh, itu lagu sederhana tapi syarat makna, dengan liriknya yang simple sudah mampu menggambarkan sejarah dari sebagian rukun haji. Air zam-zam, Nabi Ismail, Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan ibadah sa'i - berjalan/berlari kecil pulang pergi 7x antara bukit Shafa dan bukit Marwa !

Bila kita hayati.., banyak nilai ibadah haji yang tergambar dalam liriknya tersebut.. dan berusaha disampaikan pada anak usia dini dengan bahasa yang sederhana. Salut deh untuk ibu guru !

Zumi.. zumi.. zumi..
Aah... terharuu jadinya.. Al Haramain memang senantiasa membuat saya rindu untuk kembali..

8 komentar:

Reni Dwi Astuti mengatakan...

kalo kayla sukanya main zuma-zuma di lepi... ajarin nyanyinya ya, kayla blm diajarin tuh lagunya...mau kan razna sayang...

lidya mengatakan...

Razna umur brapa mbak? udah pinter ya

pikicik... mengatakan...

aduh....swer d lucu banget....
cantik kaya aku yaw?hihihi...pinterna juga,hehe...
mauna ney...

Elsa mengatakan...

kangen sama Al HAramain?
ada Tour de Mekkah 1956 di blog ku. silakan mampir...
foto-fotonya bagus-bagus lhoo...
menyenangkan bagi yang ingin nostalgia ke Mekkah...

Elsa mengatakan...

lucu banget, posenya itu lho...
cara duduknya di tangga, sama tangannya...
hehehehee...
gemes~!!

Angsoka47 mengatakan...

sayang sekali suaramu ngga kedengeran sampe sangatta, heehehe.... bagus yah syairnya... anak2 segitu cepet banget afalnya..

meyrinda mengatakan...

mba uasliii aku pengen bisa nyanyiinnya kayakna cundun bakalan suka tuh

Hellen mengatakan...

Mbak... anaknya gemesin.... nurun dari ibunya ya??
SEmoga Razna bisa membawa keceriaan :)