30 Agustus 2008

Marhaban Ya Ramadhan !

Alhamdulillaahh..

ALLAH SWT masih memperkenankan saya, kami sekeluarga, jumpa Ramadhan lagi..
Kayak mau sediih.. hiks... terharu maksudnya..
Semoga ini jadi Ramadhan yang lebih baik dan terbaik dari sebelum-sebelumnya.. aameenn..
Banyak harapan saya, Ramadhan kali ini akan lebih banyak mewarnai hidup saya dan menjadikan saya muslimah yang berkualitas lebih baik dari sebelumnya..

Banyak cita-cita dan rencana yang mulai tergambar di benak saya.. antara lain, Insya Allah ingin :
1. Khatam Al Qur'an 30 juz
2. Ingin lebih khusu' istikharah terhadap beberapa hal yang masih membuat saya ragu melangkah
3. Ingin lebih banyak meluangkan waktu dengan suami dan anak-anak, khususnya urusan ibadah
4. Ingin lebih banyak berusaha berbagi dengan orang lain
5. Ingin lebih banyak memperhatikan Mama dan keluarga besar
6. Ingin lebih berkualitas mendoakan & ngajikan Alm. Papa dan Alm. Ayah Ibu mertua saya..
7. dan ini nih yang beraaaattt bangeeeet... : ingin berusaha lebih banyak uplek di dapurr.. ^masak mode on^.. (hikkss..)

2 hari yang lalu bapak ridlo bisik2 ke saya..
" doain ya.. mudah2an jadi nihh.. "
waaahh.. saya langsung berbunga-bunga, pasti belio membicarakan "sesuatu yang tak terduga"..
lalu..

jawab saya niihh : ..
" InsyaAllah pak.. kalo Allah berkehendak.. "
cool style.. bijak style.. ! ehm.. ;p

" iya nih.. Pandu juga lagi kepengeenn banget.. "
Kok ? nama pak Pandu dibawa-bawa.. (btw, pak Pandu itu sohib sekaligus rekan bisnis belio)
Waahh.. mulai deh saya deg-degan.. kayaknya gak ada hubungannya dengan saya niihh.. hikks..
bapak ridlo (kiri) dan bapak pandu.. sering siih travelling berdua.. terutama urusan kerjaan.. ;p
Waktu menuju lokasi kebon sawit - Riau, awal tahun 2008.

dan ternyata...
"InsyaAllah de'.. kami mau umroh, berangkat berdua.. tanggal 10 September berangkat.. doakan ya.. sementara ibu-ibu belum ikutan dulu.. he.. soalnya sangunya mepet .. "

Gubraakkksss.. !!!
Whuuaaaaaa.... whuuuaaaaaa...................
^pilu mode on^.. Hikss.. ;-(

Ini foto bapak ridlo (kanan) dengan sahabatnya, bapak noorhan (jogyakarta)..
Umroh tahun 2006 dengan bapak2 sahabat2nya.. (without me juga.. hikkss..)..
InsyaAllah tahun ini foto umrohnya dengan bapak Pandu..
dan.. tahun depan Insya Allah dengan saya.. Aaameenn.. ;p

Iya pak.. gapapa deeehh.. mudahan ini yang terbaik dari Allah SWT, toh dsana bapak ridlo pasti doakan daku dan anak-anak..
Tapi please deehh... rasanya puasa di tanah suci..
hiiiksss... ;-(

By the way..
Jodoh, mati, rizki... semuanya sudah dicatatkan ALLAH SWT...
Nggak boleh ngiri, mei.. !!
Ayooo.. ayoo.. mulai belajar ikhlass dong.. kan mau Ramadhan ! ;p

Marhaban Ya Ramadhan ! Ramadhan Karim..

24 Agustus 2008

...Tentang dia..



Seorang mas Ridlo..
buat saya adalah orang paling baik di dunia setelah kedua orang tua saya. Ya tentu saja teladan n idola saya teteub no. 1 adalah Rasulullah SAW.
Tapi laki-laki terbaik di dunia, ehm.. saat ini (menurut saya lhoh yaa..) adalah.. tadaa.. : Muhammad Ridlo Zarkasyi.. suami saya..

12 tahun jadi istrinya mengajarkan banyak hal pada kepribadian saya.

Rayhanat pernah bilang begini.. "Bapak, dibandingkan sama ibu.. maaf ya bu.. menurut aku, orangnya enakkan bapak !"
hihi.. pertama denger anak sendiri ngomong gitu lhah ya kok 'njarem' juga yaa..

Tapi kemudian uraian Rayhanat menurut saya masuk akal.. bahwa kalo bapak tenang, santai, memandang suatu masalah dengan lihat sebab akibatnya.. lalu menyelesaikan masalah jarang emosi, humoris pulaa.. dan yang utama optimis dalam segala hal !

Lhah kalo ibu ? menurut anakku (hikss..) ibu suka gampang panik, sensitif, cerewet.. dan ini nih yang paling harus dirubah : suka pesimis ! ( " kalo aq ulangan atau ujian.. ibu udah pesimis duluan.. yah Ray, nanti kalo nggak bisa gimana ? beneerr udah siap ? dll dsb dst.. bedanya, kalo bapak, " ya udah yang penting dah belajar khan ?")

Itu baru satu contoh..
m Ridlo sering bilang, menyenangkan hati anak besar pahalanya.. guedee ganjarane.. tapi, inget lho yaa.. menyenangkan hati anak dalam hal yang positif ! Bukan brati digelontorin hadiah, uang, mainan, materi.. tidaaaaakkk!
Tak heran jika anak2nya selalu rindu bila belio keluar kota.. rindu di dongengin bapak (itu salah satu contohnya).. rindu curhat-curhatan sama bapak, dan rindu becandaannya bapak..

Suami saya juga orang yang sederhana, apa adanya, termasuk menerima saya apa adanya, hihi..
1. Paham banget istrinya ini gak suka masak.. gak suka nyapu ngepel.. gak telaten nyuapin anaknya.. (tapi saya seneng cuci nyetrika, bebenah, n jagoan nguras kamar mandi lhoh ! ;p)
2. Mafhum banget kalo saya butuh aktualisasi diri.. butuh kegiatan disamping ngurus rumah n anak2.. juga butuh punya teman2 yang memberi arti positif terhadap kehidupan sosial saya !
3. Maklum n tak bosan mensupport secara istrinya ini gaptek.. gak paham excell dengan baik (hikkss..), juga ketika saya bermasalah (selalu) dengan berat badan saya.. ;-(

Belio benar-benar menerima saya apa adanya..

Hari ini terus terang saya banyak merenung tentang belio,

Ketika kemarin kami ikut weekend bersama staf2 kantornya.. nginap bersama di salah satu hotel di JakPus.. menurut saya lho yaa.. belio cukup bisa meleburkan diri bersama yang lain..
Sehingga audience pun larut dalam suasana akrab n menyenangkan.. santai penuh canda tapi teteub saling menghormati !

Juga ketika sore ini, barusan menghadapi 1 staf yang teledor membuat pembukuan sehingga ada selisih administrasi dengan jumlah yang hmm... belio tetteub tenang, cooling down, dan berhusnudzon.. duuhh... bisa nggak ya saya begitu..

Saya pun sangat mengagumi sifat optimisnya !
Awal pernikahan kami yang masih serba merintis, serba prihatin, serba terbatas.. tak sekalipun (Alhamdulillah) materi jadi masalah di antara kami.. yang ada seberapa ya itu yang digunakan..
Kalo kami butuh uang dan belio belum ada bayangan untuk memenuhinya.. tidak pernah sekalipun itu jadi masalah yang membuat kami gelisah berhari-hari.. Alhamdulillaah..
Ada uang atau tidak.. selalu ada keadaan yang membuat kita harus bersyukur..

Sampai akhirnya dalam kondisi sekarang.. bisa tinggal di rumah yang layak, anak2 sehat, bisa sekolah dengan baik, ada asisten yang membantu kami, bisa sesekali pergi keluar kota, bisa sedikit berbagi dengan orang lain, bisa sesekali jajan makanan di luar..
Alhamdulillaahh..

Sebenarnya kalo ngomongin belio tuh.. buat saya, nggak akan ada habisnya. Rasanya juga, saya tiap hari kok kian cinta saja padanya ya.. ;p
Juga menjadikan saya berdoa selalu.. semoga belio diberi istiqomah dalam iman dan Islam, bahagia dunia akhirat (bersama saya.. ;p), selalu sehat dan senantiasa bermanfaat dunia akhirat, Aameen..

Ini sekedar sharing teman-teman.. bukan semata-mata bermaksud memuji memuja belio.. hanya saja, betapa bersyukurnya saya atas 1 rahmat dan barokahNya.. padahal Ustadz pernah bilang.. rahmat & nikmat ALLAH SWT yang kita rasakan amat sangat banyak dan tak ternilai itu sesungguhnya hanyalah 1 nikmat yang dibagi pada mahlukNya..

Laluuu.. 99 nikmat lainnya baru akan kita temui kelak.. kumplit, ada dalam Sorga-Nya..
Subhanallaaahh..

Fabi'ayyi aalaa'i rabbikumaa tukadzdzibaan..

20 Agustus 2008

PR dari Mbak Ocha

Duuh.. dapet pe er nih.. secara dah lama gak sekolah, jadi dah lama juga gak dapet pe er.. tapi pe er ini pasti dikasih padaku dengan penuh cintaa.. hihi ge er, ya nggak mbak Ocha ?

Daku coba kerjain ya mbak.. lha wong cuman 7 nomer.. tapi dalam tiap2 nomer ada 4 sub bagian lagi.. totalnyaaa.. 28 nomer donk! ;p

Hayoo Mei.. pagi-pagi jangan maleesss... ! ;p
Mudahan oke deehh 7-7 nya.. Bismillaaahh.. 1,2,3, goooo... !!!

4 kerjaan...

  • Pertamaaa bangets dulu waktu masih kuliah semester 5, nyambi kerja di GORO supermarket grosir terbesar sesudah Makroo.. duuh, jadul banget tahun1995, jabatannya keren eeuy, asisten supervisor di bagian buah impor.. ;p
  • Habiss gituu.. tahun 1996 langsung profesi saya jadi isterinya bapak ridlo.. ;p, ngurus anak2nya n rumahnya.. sampai sekarang ! Ini profesi abadi lhooohh..
  • Ngajarr.. ehm.. jadi ibu dosen belajaran di ISID Mantingan Ngawi.. ngajar Pengantar Tata Hukum Indonesia.. tahun 1998 - 2000.
  • Ngajar play group di KBI Palem V, ini proyek pribadi be 3 miss Mimin n miss Sumi.. proyek idealis juga.. dari 2004 - 2007.. sekarang bantu2 aja di blakang layar..

4 tempat tinggal

Ini yang akan pernah bisa lupaaa.. secara sebetulnya tempat tinggal saya banyak lhoh.. hehe.. ;p

  • Sejak kecil, selama masa remaja s/d nikah n punya anak 1.. ikut ortu di komplek Larangan Indah Ciledug
  • Tau ndaak sodaraa.. saya pernah diajak tinggal di rumah susun tanah abang sama bapak ridlo ! Itu masa2 perjuangan di awal pernikahan kami.. tapi gak lama, cuman tahan 3 bulan, secara saya emoh ditinggal2 disana karena bapak ridlo keluar kota melulu.. ;p, so back to my parents's house..
  • Ini kenangan manis waktu Rayhanat kecil.. tinggal di kompleks PLMPM Mantingan Ngawi.. dekeet banget sama pesantren putri.. tetangganya baek2 pisan.. miss u all buu.. lumayan 2 tahun aja disini tahun 1998 - 2000.
  • Alhamdulillah, sekarang tinggal di taman alfa indah.. monggo mampir bila ada teman2 yang lewat daerah saya.. rumah saya cat kuning ada pohon mangganya.. ;p

4 film yang udah 100x ditonton?

Btw belum ada sihh yang sampai 100x, tapi kalo yang tersering di antara sejarah perfilm-an saya (karena anak-anak juga siih ), mungkin ini niihh.. :

  • Si Unyil
  • Laura Ingalls
  • Tom n Jerry
  • Scoby Doo

4 makanan fave?

  • Asinan bogor (seneeenggg banget, ngidam ato enggak teteub seneng ! ;p)
  • Ayam bakar rica-rica (yummy... hmmm..)
  • Sate ayam ponorogo (secara makanan kampung halaman gitu lhoohh..)
  • Manisan asem bangkok (tau ndak ? Warnanya agak kemerah-merahan gitu.. hmm..)

4 situs favorit? Whuaduuh kalo ini ^narsis mode on^.. ;p

Jangan lupa dikunjungi n di klik yaaa... situs2 favorit saya ini !

4 acara tivi terfavorit

Appa yaa ? Akhir2 ini agak jarang nonton tivi (seringnya onlen ! hihi..) tapi seringnya nemenin bapak ridlo nonton kalo belio pulang kantor n biasanya ini nihh :

  • Today's Dialog - Metro TV
  • Alle Cuisine (ini kesenangannya Rania.. ditayang ulang di 1 tv swasta.. yummy.. !!)
  • Si Bolang (ini kesenangannya Rania juga plus udah diteladani Razna ! ;p)
  • Acara2 sebangsa Jalan-jalan n wisata kuliner gitu juga seneeenggg !!)

sebetulnya gossip2 n infotainment juga siih.. terutama kalo ada berita baru.. ;p

4 target berikutnyaa..

Waahh.. dengan penuh cintaa saya lempar ke ini niihh.. temen2 saya yang baiik !

Tolong dibikin pe ernya yaa.. nambah silaturrahim, nambah pinterr.. ;p

Love u all ! mmmwwuuaacchh.. !

16 Agustus 2008

Alhamdulillah, dapet Award niih.. ;p


Tiba-tiba dapet Award dari bapak ini.. ;p

Ini pertama kalinya daku kejatuhan award, dan kok ya dari bapak2 lagi !
eh, apa mas-mas ya .. ? ;p
Anyway.. sesuai aturannya, kata belio.. ini kudu musti diteruskan pada 7 orang blogger lain..
Walaahh.. harus 7 yak pak/mas ? katanya demikian..
Mudahan berhikmah baik, cozz.. btw QS Al Fatihah.. ada 7 ayat juga.. InsyaALLAH, Aameen..

Oke deehh.. kucoba yaa, Bismillaaahh.. kasih ke uplen2ku n crosslen tercintaaa.. aja deeehh... mudahan barokah ya buu.. ;p

Moga berkenan yaa... teteub jadi sahabat2ku di dunia maya.. juga dunia nyata.. insyaALLAH dunia akhirat ya.. Aaameeen.. hikss.. (^terharu mode on^)
Terima kasih ya pak Afif.. jadi jadi nambah pengetahuan nih up load gambarnya.. ;p

14 Agustus 2008

Hati-hati Harta Karun !

Serem amat warningnya ?
Tapi benerr lho, ini gejala yang bener-bener terjadi, dan saya baru ngeh dari penjelasan suami.. baru-baru inii..
Ternyata ada segelintir manusia di Indonesia yang masih segitu mudahnya dibuai mimpi.. mimpi mendapatkan uang dengan cara mudah.. cepat.. dengan cara yang nggak perlu bersusah-susah ikhtiar keluar keringat.. tapi hasilnya ? Wallahualam.. cenderung malah merugikan diri sendiri, keluarga.. hiii.. apalagi kalo sudah menyangkut pihak ke 3..

Issue nya gni..
misalnya nniihh.. ada yayasan A, B, C.. ada tokoh pahlawan A,B,C.. yang ternyata punya dana sekian juta/milyar/trilyun US dollar... disimpan di bank2 luar negeri.. dan itu haknya rakyat Indonesia.. pencairannya bisa lewat cara n planning A,B,C.. bisa diupayakan dengan koneksi lewat A,B,C..
Jadinya kayak lingkaran setan.. hikks..

Yang bersangkutan jadi nggak seperti biasa.. meeting2 dengan orang yang baru dikenal.. nanti akan ada cerita bersambung, skenario rapih.. yang berkaitan dengan keluarga/asal usul/letak geografis kedaerahan..
Berkembaaaangg terus.. muter2 gak keruan..
kesana kesini pake ongkos, pake De Pe.. untuk mengejar harta karun yang siap dicairkan tadi..
Pekerjaan utama terbengkalai.. life goes on.. tapi gak oke..

Dan yang memprihatinkan.. mulai banyak pihak lain yang dirugikan.. secara moril, materiil dan non formil (appa ssiiighh.. ?) ;p

Saya prihatin sekali, ada fenomena begini..
Bapak ridlo pernah cerita.. ada temannya dulu mengalami ini.. dana habis untuk wira wiri gak jelas.. emang sesekali uang 'harta karun" itu cair.. tapi biaya untuk ngejarnya lebih gede lagii..
Karena iming2 ratusan juta milyar trilyun tadi.. Astaghfirullaaaah...
sampai ada yang meninggalkan profesinya, keluar dari kerjaan.. padahal intelektualnya.. gak diragukan.. lulusan PTN dan sudah punya kedudukan/karier bagus..

Saya baru tahu ada cerita model begini..
Dan sekali masuk ke lingkaran, sulit untuk keluar.. ini mafia kelas tinggi..
Ada organisasi yang rapih.. targetnya jangka panjang.. n yang kesasar masuk sini.. sulit melepaskan diri..

Ya Allaaah... ngeri yaa..
Mau cari rizki banyak.. ya iyaa... tapi yang halal n thoyyib.. kali yaa..
Thoyyib cara mendapatkannya.. gak cuma halal tapi caranya juga..

Mending jualan aja ya.. ;p
Profesi paling terhormat.. ehm.. Rasulullah aja jualan.. !
Jadi pedagang, saudagar yang jujur..
Gapapa deh.. kayak saya.. jualan ini.. atau.. jualan itu...
Hayuuk.. boleh diliat-liat.. ;p

Laa in syakartum laa azidannakuum, wa laa in kafartum inna azhabi lasyadiid..
(mohon dikoreksi kalo salah.. mencoba lebih banyak bersyukur.. )

10 Agustus 2008

Aku Ingin Menjadi : ...

Akhir minggu.. berhubung nggak ada agenda.. disamping juga harus 'gerakan menghemat' lagi setelah liburan panjang kemarin, akhirnya acara keluarga di rumah saja.

Sekalian istirahat karena Sabtu kemarin cukup padat juga seharian : Akad nikah n resepsi sepupuku de'Indah dan de'Ashim di ciputat, lalu nengok bazaar di Pesona FM - Petukangan Utara.. di sambung acara BOP Oriflame di Gedung JDC - Slipi.. waah ! cukup melelahkan ternyata.. ;p

Akhirnya diputuskan hari Minggu, di rumah saja !

Dasar anak-anakku full ide, nggak bisa duduk manis anteng-anteng.. ;p, Rayhanat langsung kasih ide : main perang-perangan, jadi pejuang ! duuh.. mentang- mentang sudah bulan Agustus nih, rasa patriotismenya mulai berkibar..

Alhasil semuanya berdandan.. dengan gaya masing-masing, segala macem tetek bengek diberdayakan. Si kecil Razna pun tak mau kalah gaya, wah.. !

"Emang gaya-gaya kayak gitu ceritanya jadi apa siih ?"
"Kita kan jagoan bu.. "
" Jagoan perempuan semua.. "
" Semua punya keistimewaan, bu.. kesaktiannya masing-masing beda !"
" Oooo.. "
saya jadi manggut-manggut.. secara anak saya perempuan semua gitu lho.. mainnya kok jadi jagoan.. mbok ya main boneka, masak-masakan.. wah ! nurun siapa yaa ? ;p

Ini nih.. hasil dandanan pejuang kita !

Dasi pramuka, peluit, tanda kecakapan (harusnya gak boleh buat mainan tuuh..).. sampai kaca mata renang dan sapu ijuk ! Komplit, mewakili semangat mereka.. ;p. Alhasil Bapak Ridlo pun nggak betah kalo nggak mengabadikan event langka ini.. soo, action !


"Sebenarnya kalian punya cita-cita apa siih ?"

"Berjuang nggak melulu seperti perang-perangan lhoo.. tapi belajar juga termasuk berjuang"

Rayhanat :

" Aku mau jadi guru kok bu.. biar muridnya SD atau anak kuliah, pokoknya aku mau jadi gurunya !"

(Alhamdulillaaaaaahh...)

Rania :

" Kalo aq mau jadi ilmuwan.. soalnya aq sukanya pelajaran IPA.. aq kan suka sains.. tapi aq juga mau jadi pelukis atau yang suka bikin-bikin benda dari tanah liat atau apa aja gitulah.. "

(Anakku yang no 2 ini memang unik, lebih full ide dari kakaknya, sedikit lebih macam-macam maunya.., tapi teteub.. buatku : Alhamdulillaaaaahh..)

Akhirnya kami menengok serentak pada si kecil Razna. Ekspresinya masih terlihat bingung, agak bengong.. matanya sedikit menerawang.. wah, kira-kira apa ya yang ada dalam pikiran anakku yang masih 2,5 tahun ini ya ?

" 'Na.. mau jadi apa ?" tanya kami hampir berbarengan. Semua menatap Razna penuh minat.. dan jawabannya sodara-sodara, siapa yang bisa menduga (dan memang benar) anak-anak itu penuh kejutan serta imajinasi.. walau entah darimana datangnya ide dalam benaknya..

Ucapannya terdengar lirih, namun tegas.. dengan tatapan mata menerawang jauh ke depan, tapi teteub dengan ekspresi yang bersungguh-sungguh..

" 'Na mau jadi.. polisi.. "

Duh, nak.. semoga engkau menjadi anak alimah sholihah kelak ! Aameenn..

08 Agustus 2008

Selamat Ulang Tahun Anakku..


Alhamdulillaaah..
Hari ini genap 11 tahun usia anak pertamaku, Rayhanat Zarkasyi..

Semoga barokah dan bermanfaat usiamu yaa.. nak..
Semoga terpelihara senantiasa langkahmu..
Semoga jadi anak alimah sholehah..
Manfaat dunia akhirat..
Ahli harta ahli ilmu ahli surga..
Aameenn..

11 tahun yang lalu..

Menimang dia yang bayi mungil cantik..
2,8 kg dengan panjang 49 cm
Maha Suci ALLAH yang menciptakan anakku..
Sehat lengkap jasmani rohani..
Alhamdulillaaahh.. tak henti bertahmid padaNYA..

Kini, jelang dewasa muda.. 11 tahun usia anakku..

Semoga ALLAH senantiasa menjaga dan melindungimu..
Sehingga engkau menjadi salah satu perhiasan dunia..
Wanita sholihah yang menyejukkan hati..

Dan kelak di hari akhir..
Semoga engkau menjadi bidadari penghuni surgawi..
Kekal abadi dengan iman yang terukir di hati..
Aameen.. aameen.. ya Rabbal Alaameen..

(hikss.. jadi terharu.. dan kian terasa juga.. betapa saya mulai tua ternyata.. ;p)

01 Agustus 2008

Curhat

Assalamu'alaikum semua..

Curhat ni ya.. weekend-weekend curhat..

Ada kejadian minggu ini yang memberikan saya pelajaran berharga.. tapi memang tak lepas sedetikpun kehidupan kita tanpa hikmah dari Nya..

Cuma, sebagai manusia biasa saya mulanya agak shock juga.. saking kepikiran dan kagetnya.. badan langsung sakit semua.. apalagi hubungan masalah ini berkaitan dengan orang tua.. Mamaku dan kakakku yang dibuat kecewaa.. betul-betul kecewa oleh orang yang (tadinya) ku anggap teman baikku.


Alhamdulillah.. ternyata ALLAH membukakan mataku sebetulnya seperti apa sih kepribadiannya.. attitude-nya, sampai dimana kebijaksanaannya mengakomodasi suatu masalah.. juga sejauh mana cara dia menghormati dan menghargai Mama dan kakakku dalam suatu penyelesaian masalah..
Sehingga dimasa yad, saya bisa lebih berhati-hati pada dia..

Sebetulnya juga.. jauh-jauh hari.. kira-kira setahun yang lalu ALLAH sudah memberi pertanda pada kami.. bagaimana kepribadiannya.. baik dari sms-sms tentang bisnis lembaga dengan perusahaan Mama.. yang dia kirim ke Mama..

Ketika kami menunjukkan isinya pada kakakku, jg kakak iparku.. mereka spontan geleng-geleng kepala..

"Kalo teman baik masak seperti ini bunyi smsnya ? Di kirim ke teman saja sedikit mengusik perasaan.. apalagi dikirim ke Mama yang orang tua.. jelas ini menyakitkan hati.. "

Tapi Mama masih bersabar..
"Nggak papa ndukk.. kesabaran Mama sedang di uji.. biar dia berbuat begitu, mudah-mudahan Gusti ALLAH memberi hikmah padanya.. "

Tapi ternyata dia belum berubah..
Entah bagaimana dia mensikapi suatu masalah, harusnya sebagai yang muda.. dia datang sowan pada Mama, minimal untuk cross check bagaimana sih duduk perkara sesungguhnya.. dan.. walaupun keputusan yang di ambil sudah final.. paling tidak ada komunikasi lewat telpon

Tetapi..
Saya beri masukan lewat sms pun.. ttg kemungkinan duduk perkara yang sesungguhnya, tau nggak jawabannya ?

" Lebih baik kita tidak saling menyalahkan. Tidak ada orang yang sempurna. Memang kami perlu koreksian dari orang2 dan kalo ada yang mengingatkan kami malah SANGAT BERTERIMAKASIH bukan malah mencari-cari kesalahan orang yang mengingatkan... "

Intinya.. dia tidak mau dikoreksi.. laporan yang masuk hanya diterima dan ditelan dari satu pihak.. tanpa berusaha mencari informasi dari pihak yang lain..
Memang, hubungan kami ini hubungan bisnis.. hubungan bisnis antara lembaga teman saya tadi dengan perusahaan Mama saya.


Kebetulan, saya akui kesalahan awal memang pada sikap kakak saya.. yang nggak sabaran menunggu bila jatuh tempo pembayaran.. lalu kadang bersikap yang tidak nyaman bagi stafnya.. Ternyata kali ini hal tersebut tidak bisa 'ditolerir' lagi oleh lembaganya.

Padahal, sebagai lembaga mereka sering tidak profesional.. pembayaran sering molor, seringkali kakak saya yang mewakili perusahaan, sedikit 'dibohongi' bahwa transfer pembayaran sudah masuk.. tapi ketika di cek, di rekening NIHIL ! Padahal barang sudah dikirim dan dinikmati lembaganya seminggu yang lalu..

Lembaga mungkin lupa, kami ini pengusaha kecil, modal kecil, untung tidak seberapa, niat awal hanya membantu pengadaan barang karena Mama memandang bahwa (awalnya) dia itu teman baik saya..

Tapi dia malah mengirim sms dengan kata-kata begini.. :
"Perlu diketahui juga, lembaga bukan hanya kerjasama dengan perusahaan Mama, tapi dengan banyak supplier. Jadi pembayaran juga ngantri.. Mudah-mudahan hubungan lembaga dengan keluarga sampeyan tidak berantakan hanya gara-gara masalah duit. "

Menurut saya, bila dia menghargai pertemanan kami.. dia tidak melontarkan kata-kata
hanya gara-gara masalah duit !

Menurut saya, itu kata-kata yang sensitif dan nggak pada tempatnya di utarakan , sedikit kasar rasanya.. apalagi urusan ini menyangkut hubungan dengan Mama dan perusahaannya..

Ketika saya sampaikan semua isi smsnya pada Mama, beliau berkata :


"Biarkan dia bertindak seperti itu, Gusti ALLAH tidak tidur.. dia sudah membuatku kecewa.. belum pernah dari sekian customerku ada kejadian seperti ini.. apalagi dia itu teman baikmu yang sebelumnya sudah kuanggap anak sendiri..

Sejak tahun lalu dia sms banyak hal tentang masalah yang sama, dia tidak pernah datang menemuiku untuk membahas masalah tersebut.. sampai akhirnya hubungan bisnis terjalin lagi.. sampai hari ini.. dan hari ini dia selesaikan semua.. hanya mengirim stafnya dan surat pemutusan hubungan kerja.. tapi tidak datang bersilaturahim dengan ku..

Aku ini orang tua.. bila lembaga tidak berkenan melanjutkan kerjasama, tidak masalah bagiku, karena bagi kami rizki itu ada dimana saja.. tapi dia.. sikapnya itu tidak menghargai orang tua.. Biar sajalah.. aku terima semuanya.. Semoga ALLAH memberi pelajaran padanya.. tapi yang jelas aku kecewa... "

Awalnya ketika hubungan bisnis terjalin, terjalin pula pertemuan.. Mama diundang datang pertemuan bertempat di lembaganya. Duduk ber 3: Mama, teman saya itu (sebagai wakil dari lembaga) dan pihak ke 3 (sebagai wakil produsen). Awal yang baik dan silaturrahim yang bagus.. sebagaimana layaknya kebiasaan yang berlaku pada umumnya..

Sekarang ?
Langsung.. selembar surat.. selesai !!


Saya bilang pada Mama, salahnya kita hidup di Indonesia.. yang masih pake adat unggah ungguh.. hubungan bisnis pun masih pake budaya sungkan, apalagi kalo dengan orang tua.. wah, budaya sowan masih umum lhoo..

Saya berharap.. suatu hari bila dia baca blog saya, tergerak hatinya untuk sowan pada Mama saya paling tidak sekedar menunjukkan dia punya sopan santun pada orang tua dan masih menghargai Mama saya, mengingat dulu ketika awal kerjasama pun pertemuan dan kesepakatan terjalin antara 3 pihak.


Memang tidak akan merubah surat PHK nya, kami juga tidak berminat untuk meneruskan kerjasama lagi ! Trauma malah, setelah merasakan perlakuan dan model kerjasama lembaganya selama ini terhadap perusahaan Mama. Lagipula dari keluarga kami termasuk saya, kami keberatan meneruskan kerjasama ini..

Lagipula, lembaga nya itu memang tidak pernah mau mendengar informasi dari luar.. apalagi konfirmasi. Bila ada masalah yang mereka tidak lagi mau/bisa mengakomodasi, kami cukup diberi ucapan terima kasih, dan mohon maaf bila tindakan mereka dirasakan tidak berkenan..

Sebetulnya pun itikad Mama menerima kerjasama tersebut semata-mata hanya untuk membantu pengadaan barang di lembaganya, untung besar juga tidak.. malah sering makan hati juga karena sistem pembayaran yang sering berlarut-larut dan tidak profesional..

Kadang saya tidak habis pikir.. sebagaimana dia juga masih punya orang tua, bagaimana bila ada orang lain yang memperlakukan orang tuanya sebagaimana dia memperlakukan Mama saya ?


Padahal sebetulnya dia itu bukan orang lain bagi kami.. dan sebetulnya (menurut saya lho yaa..) Mama juga sering membantu memberikan sumbangan pemikiran pada teman saya itu bila ia sedang ada masalah..
Ironis yah.. bagaikan air susu di balas dengan air tuba..

Tapi seperti kata Mama, memang melakukan segala sesuatu itu harus ikhlas.. supaya bila ada apa-apa tidak ditimbang-timbang untung ruginya..

Walllahualam bissawab.

Mudahan ALLAH senantiasa memberi rahmat dan barokahNya untuk Mama saya dan kakak saya, juga untuk kami sekeluarga, Aameen...