15 Juni 2008

My Close Friend's Wedding

Alhamdulillah hari ini, 15 Juni 2008 atau 11 Jumadil Akhir 1429 H, teman baik saya menikah.
Akad nikah dilaksanakan pukul 09.45, berjalan lancar & hikmat..
sebetulnya mundur dari jadwal semula jam 09.00,
dikarenakan rombongan pengantin laki-laki terlambat datang akibat hujan deras.

Teman baik saya, Sri Minarni - kami sekeluarga biasa memanggil beliau : Miss Mimin.
Miss Mimin bukan sekedar teman atau tetangga buat saya.. ;p
Beliau sekaligus guru ngaji & les anak-anak saya, guru partner mengajar di KBI Palem V,
teman satu pengajian di rumah Mama bersama Ustadz Ubay, dan yang menarik..
beliau juga rekanan bisnis sekaligus downline saya.. ;p , p
okoke komplit !

Sejak dulu banyak hal yang menarik dari Miss Mimin..

mulai dari performance-nya yang khas, karakternya yang ceria tapi unik,
pandangan hidupnya terhadap Islam yang banyak cocoknya dengan saya,
juga kedekatannya dengan keluarga saya..
Bahkan saking sudah menganggap dekat,
Mama sampai menawarkan diri dengan sukarela menghias kamar pengantennya
dengan rangkaian bunga segar - dengan tangan Mama sendiri lhoo.. !

Yang juga menarik, cerita2 seputar menjelang pernikahannya.. ;p
Memang beliau menikah agak lambat untuk ukuran kami..
Tahun ini Desember nanti usianya insyaAllah genap 32 tahun,
berarti saat ini beliau menikah di usia 31 tahun.. but never mind-lah..

Alhamdulillah hari ini beliau berhasil menggenapkan separuh dien-nya !

Dulu.. sering seusai memberi les anak-anak saya, kita ngobrol & sharing..
"Kenapa Allah tidak kunjung mendatangkan jodoh saya ?".. itu salah satu temanya..
Ketika datang kabar bahwa ada upaya perjodohan dari orang tuanya, topik pun berganti..
"Kenapa Allah memilihkan jalan ini untuk saya ?"
atau/lalu,
"Kenapa Allah memilihkan laki-laki ini untuk saya ?"

Akhirnya kami sampai pada pada kesimpulan
... yang menurut kami bagus sekali, sangat reasonable,
dan bisa dipakai untuk mensikapi semua masalah..
bahkan dalam semua bidang kehidupan.., bahwa :

"Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kita butuhkan, dan cenderung lebih mengutamakan hal tersebut ketimbang memberikan apa yang kita inginkan "
Subhanallah !
Menuju rumusan tersebut melalui pembicaraan yang panjang,
kesannya ngalor ngidul.. berteori A B C D E F.. tapi InsyaAllah tetap dalam koridor yang terjaga.. ;p
Btw, saya sempat memberi masukan juga pada Miss Mimin, ehm..(sesuai pengalaman pribadi saya.. ;p)
Tentang jodoh.. Allah pasti memilihkan jodoh yang terbaik untuk kita..
Ketika dulu saya dengar ungkapan : jodoh itu akan datang dan mengetuk pintu.. Wah!
Dulu saya pikir itu klise,
Bagaimana kita tahu yang ketuk pintu itu future husband ?
Lalu bagaimana kita yakin.. ?
Bagaimana kita akan merasa nyaman,
apalagi percaya untuk mengarungi sisa kehidupan bersamanya ?
Saya pikir semua manusia berhak & silakan memilih jalannya sendiri-sendiri,
dalam mencari jodoh, ada seribu cara, seribu jalan, seribu skenario..
Tapi setelah saya setua ini,
saya menjadi mafhum bahwa 'kebijakan jodoh' itu tak usah dipusingkan..
Bukannya tidak boleh mencari atau mengupayakan jodoh, tetapi lebih ke..
bagaimana kita memasrahkan urusan jodoh itu pada Yang Di Atas..
bagaimana cara kita mendekatkan diri pada Nya,
bagaimana cara kita mensikapi bila mungkin belum ada tanda-tanda jodoh datang..
pokoknya try to be a better person everyday, everytime..
Bukankah Allah akan menjodohkan :
laki-laki yang baik dengan perempuan yang baik pula, demikian juga sebaliknya ?
Perkara cantik, ganteng, pintar, kaya, keturunan baik-baik..
itu mah rahasia Allah yang pasti berhikmah,
Kalau kita dapat yang lebih sholeh, lebih sholehah.. waah!
itu mah.. Alhamdulillah, bonus.. min haitsu la yah tasiib !.. ;p
Allah SWT tahu mana yang kita butuhkan dan bukan sekedar mana yang kita inginkan..
Tujuan utama pernikahan.. niat utama sekali lagi untuk ibadah !
Yang haram jadi halal, yang mubah jadi sunnah..
Kesempatan untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya.. ;p
Jodoh itu kita jadikan sarana ibadah untuk menggapai ridlo Allah..
Wauuw.. indah khan ?
Dan jaminannya nggak main-main lho..,
Bila Allah ridlo sama kita, semua masalah bakal diberesin deh sama Allah !
Lha kalo kita merasa, kok kesandung masalah melulu yaa.. ;-(
Jangan bilang, wah.. saya lagi diuji neeh.. lagi dapat ujian dari Allah !
Itu namanya Ge eR !!
Yang dapat ujian dari Allah itu = orang-orang sholeh !
Kalo kita yang biasa-biasa ini dapet masalah ? .. apalagi kalo sering !!
Waaah.. buru-buru deeh.. intropeksi diri !
Apa yang salah pada saya, apa yang kurang dari saya ?
Bener nggak saya benar-benar sudah taat pada Allah ?
Bener nggak saya benar-benar sudah berusaha
menjalankan perintahNya & menjauhi laranganNya ?
Bisa jadi permasalahan kita itu = teguran dari Allah !
Malah bisa jadi juga, azab !! .. hiii.. Naudzubillah min dzalik !
Supaya apa ?
Ya hari gini ditegor, di azab.. biar kita berubah, be a better person..
Jadi hamba Allah yang lebih baik.. biar nggak lupa diri..
Biar kelak di alam barzakh, di padang mahsyar, segalanya lebih mudah..
dan gongnya di yaumil akhir, raport kita happy ending !
Misalnya begini :
"meitria cahyani.. ukhti ahlul jannah..!" Aaameen... hiks.. hiks.. insyaAllah !
Mohon maaf sebelumnya..
saya posting seperti ini juga menasehati diri sendiri yang masih sering banget alpa.. ;-(
juga untuk berusaha selalu inget untuk intropeksi diri..
juga bukan karena saya lebih baik atau lebih tahu, aduuh! bukaaaann... hiks...
B'coz menggapai keridloan Allah susaaahh..
dan hadiahnya atas kualitas keridloan Allah yang terbesar : Surga !
(paling tidak, di dunia ini saya sudah dapat ridlo dari Allah = mas ridlo.. ;p.. )
Ohya.. btw, anak saya 3 perempuan semua neeh..,
Semoga kelak Allah SWT memilihkan yang terbaik untuk anak-anak saya, Aaameen..
Okey.. Miss Mimin,.. Happy Wedding Day yach.. ! ;p
Wish all the best for you, both : Sri Minarni & Maswan,
Sekali lagi dari kami sekeluarga :
Baarakallaahu fiika wabaaraka'alaika wa jama'a bainakumaa fii khair
Aameen.. Aameen.. Ya Rabbal Alaameen..

3 komentar:

Nasywa & Naura mengatakan...

Assalamuálaykum..
Ikutan senang yaaa atas pernikahan temannya mbak... Semoga diberkahi Allah...
Lam kenal ya Bun....

Anonim mengatakan...

Bener banget mba...aratikel yang bagus...salam kenal..dan semoga sll berbahagia bersama keluarga..aamiin..

Husnul mengatakan...

assalamu alaikum..., kunjungan balasan...
Blognya bagus mba, banyak hikmah memang yang bisa diambil dari kehidupan sehari-hari. senang bisa berkunjung di sini