27 Mei 2014

Hari Ini, Hari Lahirku :)

Alhamdulillah Ya Rabb..

Hari ini hari lahirku
39 usiaku
Tiga puteriku dan tentu saja satu suami terkasih :-)

Hidupku mungkin tak terlalu istimewa
Bahkan cenderung biasa2 saja bila tidak bisa dikatakan sederhana
Tapi bagiku, Alhamdulillah.. Semua luarbiasa !
Begitu juga hari ini !

Pagi ini ucapan Happy Milad, pertama kali dari suami tercinta
Senyumnya mengembang saat membangunkanku untuk sholat subuh berjamaah :)

Dan.. Sejak pagi Razana, puteriku no.3 sudah mengingatkan :
Bi, hari ini kita lari2 ke Senayan lhoo..
(Hehe.. Dia memang panggilku = UBI, alias kebalikan dari kata IBU)
Oke deh nak.. Berangkat kita ke Senayan, Razna, Bapak dan Ubi !
Sejenak teringat pada 2 putriku yang sedang belajar di pesantren Gontor Putri
Ah, apa kabar mereka hari ini ?
Beberapa hari lalu, aku baru menengok mereka, bersama Razana juga
Dan Alhamdulillah mereka sehat ceria tak kurang suatu apa

Tiba di Senayan, jalan pagi, ikuti Razna main sepatu roda, bermain di alat sport yang unik2
Tak terasa satu jam berlalu
Lapar Bi, kita makan yuk ! Na mau makan ketupat sayur :)
Okelaaah... Kita makan ketupat sayur
Pilih2 pedagang yang ramai berjualan,
kami mampir di meja seorang ibu yang dibantu berjualan anak laki2nya.
Kelas berapa dik ? Sapaku.. "Kelas 2 SMP, bu.. " jawabnya sopan
Mulailah kami menyantap sarapan pagi ini, si Bapak pilih nasi pecel untuk sarapannya
Sesudah sarapan, kami membayar.. Dan..
Anak laki2 itu begitu sigap membereskan piring2, membawwanya ke satu sudut yang tak jauh dari tempat ibunya berjualan..
Ia berjongkok di sisi sebuah ember berisi air, dan mulai mencuci.. Semua sampai bersih..

Sesungguhnya mungkin itu biasa saja..
Tapi entah kenapa hatiku tiba2 meleleh..
Subhanallah.. Pagi ini adalah pelajaran tentang perjuangan hidup,
Tentang saling support dan saling bantu..
Mungkin kesan2ku sedikit berlebihan ya ?
Tapi melihat senyuman ikhlas sang ibu penjual
Jawaban ramah si anak
Kesigapannya bekerja.. Semua bagai harmoni :)

Terimaksih yaa ALLOH atas hikmahMU hari ini..
Benar.. Betul sekali, hidup kita selalu luarbiasa !
Saat kita jalani dengan mata dan pikiran terbuka
Saat kita lalui dengan hati yang jernih
Saat kita syukuri sekecil apapun yang terjadi..
InsyaALLOH, kita selalu bisa rasakan keindahanNYA..

Hari ini.. Selasa 27 Mei 2014 - di usia 39 tahun ini,
Walau sepertinya kami tidak kemana2
Walau sepertinya kami tidak melakukan banyak hal, yang istimewa untuk hari lahir ini
Tapi Alhamdulillah..
ALLOH langsung memberikan 'hadiah'NYA, seketika dan tulus - didepan mata..
Dan sekecil apapun itu.. Semoga selalu bisa rasakan hikmahNYA :)
Aamiin3x YRA..

28 Januari 2014

Bersyukur dan Cari HikmahNYA...

Pernah nggak merasakan seolah-olah jadi orang paling malang sedunia ? :(
Sebenarnya kalau sesekali kita pernah terpikir.. Ya ampun, jelek banget nasibku ya ? Sebenarnya di belahan bumi lainnya di dunia fana ini masih banyak lagi umat manusia yang lebih mengenaskan kondisinya..
Dan seharusnya kita lebiiih banyak bersyukur terhadap apa pun kondisi kita hari ini..

Seharian kemarin sebetulnya agak nggak semangat...
Nggak tahu gimana AC di KB/TK Islam tercinta Sekolah Darussalam - korslet, sempat kecium bau nggak enak. Deg2an juga trus panggil tukang AC, karena khawatir nanti ada apa2 yang berimbas ke anak murid..

Terus baca whatsapp hubby, teman kecil beliau - pak Jono, meninggal dunia karena sakit. Kebetulan juga beliau lagi pulkam ke Gontor sekalian rapat2 dan ndilalah temannya itu meninggal dunia, sang teman berdomisili di Bekasi namun minta dimakamkan di Gontor. Dan, " Alhamdulillah bisa ikut sholat jenazah.. " begitu kata mas Ridlo..
Jadi ingat pak Jono itu type yang agak unik. Sejak muda nggak pernah mau jadi karyawan dan fokus bisnis retail. Seluk beluk buka toko sembako or khusus retail, seperti model2 Alfam*rt dan Indomar*t, beliau bisa kuasai. Pak Jono meninggalkan seorang istri dan seorang anak. Innalillahi wa innailaihi rojiun, semoga amal ibadahnya diterima di sisi ALLOH SWT, aamiin3x..

Beberapa jam kemudian, jelang malam beranjak larut, mas Ridlo kirim whatsapp lagi.. "Kasihan, sahabatku sakit rupanya.. Lemas sekali kondisinya, aku curiga jangan2 kena jantungnya.. "
Rupanya dari Gontor, belio mampir Jogya. Di Jogya memang mas Ridlo banyak teman, secara dulu kuliah S1 sd S2 disana.
Tapi memang kami juga sudah lama sekali nggak silaturrahim dengan teman2 belio di Jogya.
Kubalas whatsapp-nya :
" makanya memang harus mulai jaga kesehatan yaa, mulai peduli untuk sehat. Ingat, anak2 dan istri mas kan masih kecil-kecil, " :D
Iya.. Bukan cuma anak2, diriku juga kan masih muda secara kami beda usia 13 tahun hehe.. :P

Siangnya pulang ngajar dari TK, daku sempatkan mampir ke Center AVAIL Jakbar sebentar untuk konfirmasi beberapa orderan dan daftarkan new member.
Salah satu staff admin gudang kok murung saja yaa..
Bisik jeung Yuli, " lagi bingung mikirin keluarga di kampungnya bu.. Banjir dimana2 akses jalan ke Semarang dan kota2 sekitarnya sudah putus total karena waduk jebol.. Dirumahnya hanya ada ayah ibunya yang sudah tua, anak2nya sebagian besar bekerja ke Jakarta.. "
MasyaALLOH, banjir rupanya belum berakhir..
Teringat semalam terbangun karena kaget dengar suara hujan yang menderas.. Dan memang tahun ini banjir dimana-mana cukup luar biasa dengan jangka waktu yang cukup lama dan berulang pula - Semoga saudara2 kita yang kebanjiran selalu dalam lindunganNYA..

Dan kemarin masih ada 'kisah' kejutan lagi.
Teman baik saya yang juga sekaligus salah satu mitra manager di bisnis Sehat AVAIL, akhirnya bercerita.
Beliau harus pindah rumah bulan depan secara mendadak.. Ada masalah dengan sertifikat rumah sehingga rumah tsb harus dikembalikan pada yang berhak secara hukum.
Bayangkan pindah dari rumah yang puluhan tahun ditinggali dan diyakini sudah jadi milik sendiri..
Tanpa disangka-sangka ternyata tidak sah sebagai hak milik !
Waahh.. Satu bulan saja waktunya untuk cari rumah baru, sementara belio harus bawa orangtuanya yang sudah tua, anak, dan adik kakaknya. Kebetulan suaminya sudah meninggal dunia 10 tahun lalu sehingga memang beliau-lah yang selama ini menopang kehidupan keluarga juga.. #hiks

Semakin tersadar bahwa ALLOH akan selalu memberikan nikmat dan cobaan, rahmat dan ujian, kemudahan dan kesulitan di saat tertentu.
Jadi mindset yang tepat, jangan pernah berpikir jadi manusia paling malang sedunia, namun jangan pernah berhenti berusaha, jangan pernah berputus asa terhadap rahmat ALLOH dan senantiasa bersyukur.. Terus dan terus, semoga ALLOH akan menambah terus hikmahNYA untuk kita..
Aamiin3x YRA..
Bismillah...

25 Januari 2014

Butuh vs BOROS ? Hati-hati.. #hiks

Salam semua :)

Waktu terus berjalan, terus bergulir hingga akhirnya tiba juga di tahun 2014..
Sungguh terlalu, selama 2013 hanya buat 2 postingan semoga bisa diperbaiki di tahun 2014 ini yaa..
Sebetulnya ngeblog itu nggak susah kok,
Yang susah menjaga konsistensi untuk melakukan dimana saja kapan saja.
Dan nggak harus bahas yang berat2 juga, keseharian kita pun bisa banget.. Lebih bagus lagi jika ceritanya bisa sedikit bermanfaat untuk orang lain, minimal jadi bahan masukan, syukur2 bisa direnungkan dan alhamdulillah bisa menginspirasi orang berubah lebih baik lagi.
#menasehatidIRisendiri #ciyeee.. :D

Hahahha..
Baiklah jika demikian, daku coba sharing lagi yaaa.. ;)
Kemarin ceritanya Mama tercinta pulang umroh. Subuh-subuh otw bandara Soetta jemput belio sekalian antar team AVAIL Jakbar yang akan ke Padang untuk persiapan Grand COP sabtu 25 Januari ini. Nadya dan kaka Enung semalam menginap dirumah saya supaya bisa berangkat sama2 ke Soetta - sementara kaka Yuli sebelum subuh sudah nongol dirumah.
alhamdulillah perjalanan ke bandara dilancarkan dan ketemu Mama dalam keadaan sehat wal afiat. Habis itu antar mama pulang, ternyata belio berbisik :
" aku cuma bawa kurma Ajwa sedikit, nanti insyaALLOH akan ada tamu2 kerumah, tolong belikan kue2 dll yang enak yaa di supermarket, "
Siaaapp !! Jam 10 daku segera meluncur ke supermarket di kawasan Cilandak - Jaksel.
Terus terang, kalau urusan sengaja belanja ke supermarket, belum tentu sebulan sekali daku lakukan.
Termasuk type yang nggak suka pergi belanja, nggak hobi lihat2 atau sekedar survey harga, maka belanja bulanan nggak pernah masuk dalam jadwal agenda diriku hehhehe..
Simple praktis aja maunya, mana yang habis minggu ini catat, dan si embak yang pergi belanja ke warung dekat rumah. Menurutku kok jauh lebih hemat yaa jika belanja apa yg kita perlukan saja, nggak tergoda dengan barang2 lain yang walopun diskonnya besar tapi sebetulnya kita belum begitu perlukan ;)

Okey deh.. Setelah semua belanjaan kira2 cukup memadai, sambil antri di kasir daku iseng mengamati supermarket tsb - lihat kiri kanan bagaimana suasana sekelilingnya.
Ternyata supermarket ini cukup lengkap banyak tersedia buah import dan aneka snack import juga yang tidak sembarang bisa ditemui di tempat lain. Pelan2 pandangan mata saya terus menjelajahi tempat ini.
Ada beberapa ibu sedang berbelanja, beberapa bunda yang berbaju batik dan terpasang name tag di dadanya, pertanda beliau2 ini para karyawati dari perkantoran sekitar supermarket tersebut. Juga beberapa pasangan eyang yang berjalan santai sambil mendorong kereta belanjaan.. Damai sekali.

Semakin tertarik mengamati kesibukan beberapa barisan kasir. Rata2 orang yang datang berbelanja beberapa item barang, dan rata2 bernilai total tak kurang dari lembaran Rp. 100.000an yang dikeluarkan dari dompet mereka - dan dibelanjakan dengan sangat ringan, hanya berupa snack atau makanan ringan yang menurutku tidak terlalu urgent untuk dibeli.
Atau mungkin seperti diriku ini juga yaa.. Mereka butuhkan untuk bahan suguhan dirumah jika ada banyak tamu.. :D

Hmm.. jadi teringat kata2 suami beberapa waktu lalu :
Di Jakarta banyak aneka rupa type kehidupan.. Ada yang sulit sekali mencari sekedar sesuap nasi.. Namun tak sedikit yang tak keberatan keluar uang ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah per hari untuk sekedar belanja, dolan, or hal2 yang rekreasional lainnya. Bagi sebagian orang, ada yang membelanjakan uang 100.000 rupiah sangat ringan dalam sekali transaksi.. Itupun tidak mengherankan bahkan cukup mudah ditemui setiap hari di kota2 besar seperti Jakarta  ini - yang dibeli pun kadangkala hanya sebatas SNACK - makanan ringan atau benda2 assesoris belaka, yang nggak perlu2 sekali untuk dibeli..
Cenderung bersifat iseng, atau pengen..
#mumpungadauang
#mumpungbisabeli

Seketika istighfar terucap dari bibir ini, dengan hati yang mendadak lumer oleh kesedihan mendalam.. Di saat belahan dunia lain banyak orang sedang sengsara tertimpa ujian dan cobaan dari gejala alam yang luarbiasa..
Mohon hindarkan hamba dari sifat boros ya ALLOH, semoga hari2ku tak berlalu sia2 - Selalu ada hikmah dan manfaatnya.. Aamiin3x YRA..

22 Januari 2013

Akad & Walimahan NatsiR

Haloo semuaaa, salam temans bloggeR :)

buka-buka blog saya yang beneran berdebu iniiiy.. beneran kangen yaaah..
Tapi memang alesan itu ada ajaaa hihi..
Baru sehari sesudah 1st Milad KEB, dan daku bertekad untuk ngeblog lagi, komandan bapak Ridlo ngingetin.. kita harus berangkat ke Rembang sehari dan ke Semarang sehari, coz ada acara keluarga : NatsiR ponakan kami - menikah.

Cerita sedikit yaa..
Bapak Ridlo itu bungsu dari 11 bersaudara. Karena almarhum ibunda sudah berpulang sejak belio kecil (usia 3 tahun) maka belio dibesarkan oleh mbakyu2nya secara bergantian.
jadinya memang daku serasa punya 6 orang ibu mertua nggak cuma 1 hehe.. tapi asyiknya, alhamdulillah mbakyu2ku ini sayang2 banget nggak cuma ke suami tp juga ke adik2 iparnya :)
ceritanya salah satu ponakanku, si NatsiR menikah (juga) akhirnya.
Natsir ini anak sulung kakak perempuan pak Ridlo yg no.2 : mbak Rosyidah. Setelah sekian lama berkelana mencari belahan jiwa akhirnya Alhamdulillah ketemu jodoh juga :)
nah.. secara di keluarga kami itu, ponakan = anggap anak, maka nggak mungkin tega rasanya nggak datang. Apalagi mbak Rosyidah ini mantu NatsiR yaa mantu terakhirkali 'coz adik2 NatsiR sudah menikah semua.

Akhirnya berangkatlah kami di sabtu pagi yang mendung menuju bandara.. masih banyak genangan air dimana2 sisa banjiR, tapi alhamdulillah tol bandara sudah dibuka dan perjalanan kami pun lancar.
Pesawat take off 13.20, tiba di Semarang jam 14.30 langsung cari taksi menuju Rembang.
Semarang - Rembang sekitar 3-4jam perjalanan, diseling mampir jajan soto di Kudus, akhirnya tiba di Rembang ba'da magrib.
Rembang, ternyata kota pesisir yang sederhana. sejauh mata memandang, sebagian besar wilayahnya terdiri dari hamparan sawah dan hamparan tambak garam.
Ohya.. oleh2 khas dari kota Rembang adalah hasil laut seperti petis, terasi dan yang paling saya suka sirup dari buah Kawista yg manis segar dengan rasa khasnya :)

Laporan pandangan mata acara akad nikah NatsiR mungkin lebih seru lewat bahasa foto yaa :)